Senin, 13 Juni 2016

Pengalaman Inseminasi Di Surabaya

Hai teman – teman , gimana kabarnya.. Semoga semuanya selalu dalam lindungan Tuhan

Kabarku dan suami baik – baik saja,.
Aku mau lanjutin lagi yah cerita tentang perjuanganku trying to conceive (ttc)

Setelah tanggal 11Maret saya laparoskopi, akhirnya tanggal 13 April,saya haid dan setelah itu saya memutuskan untuk berganti obgyn.

23 Maret 2016

Siang ini kami mengunjungi RS Husada Utama di Surabaya untuk mencari dokter obgyn dan dokter andrologi. 

Kali ini saya berkonsultasi dengan Dr. Didi Dewanto dr.SpOg , dokter yang dikenalkan oleh tetangga di depan rumah.

Saya menceritakan tentang riwayat kandungan saya dan juga laparoskopi yang baru saya lakukan bulan lalu.

Saya juga mengatakan pada dokter,bahwa saya mengkonsumsi penyubur dari dokter di penang

Setelah di usg tranvaginal, beliau mengatakan rahim dalam keadaan sehat dan tidak ada masalah namun dinding rahim agak tipis untuk ukuran masa subur..ini adalah efek dari penyubur yang saya konsumsi (profertil). Lalu dokter meresepkan duphaston (penguat kandungan, yang berisi hormon progesterone), agar bila terjadi kehamilan, dinding rahim kuat menampung janin. Oia ada 1 Sel telur yang matang di sebelah kiri.

Ok,. Kemudian karena hari itu kami sedang senggang, saya sekalian memeriksakan suami.

Sebelumnya saya sudah menceritakan tentang kondisi sperm suami yang kurang baik,. Dan menurut beberapa artikel, kami menduga bahwa suami mempunyai varikokel.

Kami berkonsultasi dengan dokter andrologi di RS Husada Utama Surabaya, yaitu Dr. Henry Wibowo SpAnd MARS

Kami memberikan beberapa hasil test sperm yang pernah dijalani oleh suami saya. Lalu masuk sesi Tanya jawab

Dokter : “Apakah organ reproduksi suami pernah terluka, tertendang?”

Suami : “Tidak pernah dok.”

Dokter : “Sewaktu berdiri terlalu lama,apakah bisa nyeri?”

Suami : “Sekarang enggak dok, tapi beberapa tahun lalu pernah.”

Kemudian, setelah itu dokter memeriksa secara fisik dan dokter mengatakan sepertinya tidak ada varikokel, karena jika ada, sewaktu ditekan pasti sakit.

Tapi, jika kami mau lebih yakin, suami boleh menjalani usg testis untuk mengetahui secara pasti. Dan kami pun menyetujuinya..

Ini kali pertama suami diperiksa, diperiksa oleh bagian lab, saya melihat dia merasa malu dan sangat tidak nyaman, namun dia tetap berusaha menjalaninya dengan tenang. I love you,pi J

Usg testis, sama halnya dengan usg perut, alat dan gel yang digunakan pun sama. Prosedurnya:

1.suami disuruh bernafas netral, lalu testis kanan diusg terlebih dahulu, setelah itu difoto. Di monitor saya melihat bintik2 warna biru dan merah berbentuk seperti pulau.

2.kemudian setelah itu,suami disuruh mengejan, Nampak pulau2 itu hanya berubah sedikit dari bentuk semula, kemudian di foto .

3.lanjut pada usg testis kiri,prosedur yang sama dilakukan, dan ternyata setelah suami mengejan, pulau2 tadi menjadi sangat melebar dan penuh.. bisa bayangkan? Dan dokter mengatakan, suami menderita varikokel.

Ok, setelah itu, 1jam kemudian kami mendapatkan hasilnya,.

Suami menderita varikokel grade 3 di testis kiri, namun testis kanan normal.

Ok, kami disuruh kembali menemui dokter agar diberi obat dan vitamin, namun karena hari sudah terlalu sore,suami saya harus kembali ke kantor untuk menyelesaikan sesuatu,. Maka kami putuskan untuk kembali bulan depannya.

Rincian biaya istri :

Biaya pendaftaran : Rp.30.000

Konsultasi dokter : Rp.200.000

Usg transvaginal : Rp.172.800

Resep

Duphaston : 10buah @ 16.000 = Rp.160.000

Total : Rp.562.800

Rincian biaya suami :

Biaya pendaftaran : Rp.30.000

Konsultasi dokter : Rp.200.000

USG Testis : Rp.890.000

Total = Rp.1.120.000

Jumat , 13 Mei 2016

Sore ini hari haid pertama, dan bulan ini kami berniat untuk melakukan inseminasi. Sebelumnya saya sudah tau kalau mau insem maka .harus minum penyubur di hari ke3,yang mana jatuh hari Minggu. Namun karena hari ini dan besok kita agak sibuk dengan pekerjaan, maka kita putuskan untuk konsultasi ke dokter hari Senin

Senin,16 Mei 2016

Hari ini adalah hari ke4 , Pagi ini kami bertemu dokter untuk konsultasi tentang insem, lalu diperiksa sel telur. Dan dokter memberikan penyubur untuk dikonsumsi selama 6hari ke depan. Siang itu saya mulai minum penyubur . (FYI,harusnya minum penyubur di hari ke3), tapi karena saya ingin insem bulan ini, maka saya memutuskan untuk meminumnya walau agak terlambat. Saya juga memberikan hasil usg testis suami, dan dokter mengatakan untuk kasus varikokel, biaya operasi varikokel dengan bayi tabung sama,. Jika kita mempunyai dana dan varikokel ini tidak mengganggu kesehatan, beliau menyarankan lebih baik bayi tabung langsung,. Namun,kami ingin mencoba insem, walau kemungkinan berhasilnya kecil, kami ingin berusaha.

Rincian biaya istri :

Biaya pendaftaran : Rp.30.000

Konsultasi dokter : Rp.200.000

Usg transvaginal : Rp.172.800


Resep

Femara tab 2.5mg x 6butir @ Rp.77.229 = Rp.463.374

Total Rp.866.174


Rincian biaya suami :

Biaya pendaftaran : Rp.30.000

Konsultasi dokter : Rp.200.000

Resep

Coten 100mg Caps x 30butir = Rp.379.500

Oligocare x 30butir = Rp.227.700

Total Rp.837.200

17 Mei 2016  – 2minggu ke depan

Mulai hari ini, saya dan suami mulai mengkonsumsi berbagai suplemen yang dapat membantu sel telur dan sperm agar lebih baik

Pagi hari :

1.      Setelah bangun tidur : 3sdm madu penyubur + air 200ml

2.      Pagi hari : telur ayam kampung rebus

3.      Bawa ke tempat kerja : jus semangka (1/2buah) + wortel buah (1batang besar)

4.      Siang hari : jus tomat (6buah) + jambu biji (2buah) , kiwi 1buah dimakan langsung

5.      Malam : jus semangka (1/2buah)

6.      Sebelum tidur : 3sdm madu penyubur + air

Inilah rutinitas yang saya dan suami jalankan sebelum insem, kami berharap dengan makanan dan minuman yang kami konsumsi, dapat mendukung proses insem. Sampai si suami bilang.. sepertinya dia uda ga pernah lagi minum air putih.. hahahahaaa . menurut berbagai sumber, semangka, wortel buah, tomat dan kiwi sangat baik untuk mempergesit gerakan sperm. Ga ada salahnya dicoba,. Oia semua jus tanpa gula yah..

23 Mei 2016

Malam ini, kami melakukan instruksi pak dokter untuk Making Love hahahaaa

Iaa, jadi sperm harus disimpen selama 5hari,biar pas proses washing sperm, jumlah sperm yang didapatkan banyak dan memenuhi syarat insem.


24 Mei 2016

Hari ini hari ke12 dari hpht, dan sesuai saran dokter,kami kembali malam ini untuk mengecek sel telur,apakah ada yang matang. Dan setelah di usg transvaginal, hanya ada 1buah sel telur yang besar, letaknya di sebelah kanan, ukurannya 15mm, dokter mengatakan, sel telur merespons penyubur yang diberikan. Setelah itu,dokter menyuntikkan penyubur di bawah pusar,. Suntikan kali ini agak ngilu,. Ketika jarum masuk,terasa lumayan ngilu,. Dan saat cairan disuntikkan, perut jadi agak kemang atau kebas2 linu. Setelah itu kami pulang ke rumah

Rincian biaya istri :

Biaya pendaftaran : Rp.30.000

Konsultasi dokter : Rp.200.000

Usg transvaginal : Rp.172.800

Suntikan Puregon 100iU/0.5 : Rp.680.000

Total Rp.1.082.800


26 Mei 2016

Hari ini hari ke 14 dari hpht, sel telur kembali diperiksa dan sel telur sudah mencapai 18mm, syarat minimal telur dapat dibuahi,. Saya lihat di monitor, dinding rahim sekitar 8mm.

Kemudian dokter meresepkan ovidrel, suntikan pemecah telur yang harus kami suntikkan sendiri ke bawah pusarku malam ini pukul 23.00, dan inseminasi dijadwalkan tanggal 28 Mei 2016 (hari ke 16)

Suster memberikan icepack beserta 1kotak suntikan ovidrel, sebelumnya dokter uda ngajarin suami gimana caranya nyuntikkin. Sampai di rumah, pukul 23.00 suami nyuntikkin ovidrel, dan ga berasa sama sekali lho,. Beda banget sama pas suntik penyubur 2hari lalu yang agak ngilu kaya digigit 20 ekor semut merah.. hihii

28 Mei 2016

Oia, kami merahasiakan proses insem ini pada keluarga kami karena berbagai alasan.

1.      Biar prosesnya lebih santay, kalau dikasi tau, aku takutnya jadi beban, nanti ditanya2 terus mendekati hari haidnya,. Bagiku,ini bisa mengganggu mood dan perasaan

2.      Biar surprised misalnya mana tau insem pertama ini berhasill hihii
Tapi,aku dan suami sudah sepakat, untuk memberitahukan pada keluarga apapun hasil akhir dari insem ini. Misalnya gagal, ini akan jadi acuan kami untuk bayi tabung,. Karena, sepertinya mama mertua saya agak kurang setuju dengan bayi tabung, takut ini takut itu,., maklum ya namanya orang tua..

Oke, lanjut lagi


Pagi ini, kami tiba di RS Husada Utama Surabaya untuk melakukan proses inseminasi dengan obgyn kami Dr, Didi Dewanto SpOg

Pukul 08.30 :

Tiba di RS, pendaftaran, deposit uang,. Lalu suster mengarahkan kita ke ruangan untuk mengeluarkan sperm.

Pukul 08.50 :

Sperm telah berhasil dikeluarkan dengan sempurna, pencet bel lalu datanglah petugas lab untuk langsung memproses sperm tersebut

 Pukul 11.30 :

Kami masuk ke ruangan khusus untuk inseminasi

Prosedurnya

1.      Saya disuruh naik ke atas ranjang dengan 2kaki terbuka

2.      Lalu dokter memasukkan alat seperti cocor bebek ke dalam miss V untuk membuka mulut rahim

3.      Miss v dibersihkan, lalu dimasukkan kateter, selang yang disambungkan dengan suntikkan

4.      Suster menunjukkan tabung sperm suami yang telah di wash, cairannya berwarna bening dan tidak keruh seperti biasanya, karena telah melalui prosesi reparasi pemilihan dan pencucian untuk menyeleksi sperm yang terbaik

5.      Dokter menyemprotkan suntikan tersebut ke rahim saya

Rasanya ga sakit kog, sama sekali ga sakit,. Yang penting kitanya rileks dan jangan tegang, jadi kateter dan selang itu masuknya gampang. Selama proses insem, saya berdoa kepada Tuhan, semoga proses berjalan dengan lancar. Pagi hari sewaktu perjalanan menuju RS, saya dan suami sudah sama2 berdoa, dan apapun hasil usaha insem ini,. Kami akan tetap bersyukur

Jika insem ini gagal, berarti karena Tuhan yang menghendaki .

Jika insem ini berhasil, artinya Tuhan mengijinkan dan merestui ikhtiar kami melalui proses inseminasi .

Saya, suami, pak dokter melalui obat-obatan dan suntikan ,tak ketinggalan berpuluh2 kilo buah – buahan , madu dan suplemen lainnya. Dan terpenting melalui doa, kami telah berusaha semaksimal mungkin dalam proses insem ini,. Selebihnya adalah hak mutlak Tuhan yang tidak bisa kita ganggu gugat : )

Hanya ada 1 yang kurang maksimal,yaitu olahraga. Kami hanya sempat beberapa kali bangun pagi untuk olahraga walau hanya berjalan kaki di dalam komplek , dikarenakan karena ga bisa bangun pagi , padahal malam harinya sudah tidur lebih awal. Hiks

Tapi,ya sudahlah,. Kita lihat ya 2minggu lagi.,. kabar baik atau kabar tidak terlalu baik J
Hasil sperm suami hari ini dari lab,


Rincian biaya inseminasi :


Biaya pendaftaran : Rp.30.000
Tindakan inseminasi (sudah termasuk sperm washing) : Rp.2.448.000

Resep
Pregnacare Cap x 10butir = Rp.45.540
Utrogestan Tab 100 x 15 butir = Rp.150.735
Utrogestan Tab 100 x 2 butir = Rp.20.098 (dimasukkan ke vagina setelah insem oleh suster di RS)

Total Rp.2.694.373

Total biaya yang kami keluarkan dari proses awal hingga akhir inseminasi di Rs Husada Utama per tanggal 28 Mei 2016 adalah Rp.5.480.547.

Sabtu, 28 Mei 2016
Selesai insem siang ini, pulang ke rumah seperti biasa,. Lalu makan siang, terus tidur siang
Malamnya, biasanya kami sekeluarga pergi makan malam, tapi karena ada sedikit insiden, ponakanku yang berumur 4bulan jatuh dari tempat tidur pas dia tidur, jadi kita semua panik ,dan aku reflek lari sekenceng2nya ke kamar tidur dan kaget banget pas ponakanku (babynya adik perempuan suami) sudah berada di lantai karena terjatuh dari kasur yang lumayan tinggi.
Dan langsung kami membawa dia ke UGD RSIA terdekat,. Puji syukur ponakanku sehat,dan ga ada luka apa2,. Mukjizat sekali rasanya,. Kami takut terkena cidera kepala, baru 4bulan soalnya. Ranjang sekitar 80cm tingginya..

Malamnya, aku baru sadar,. Waduh,tadi siang abis insem, tadi aku lari kenceng banget,. Terus buru2 ke ugd, hiks. Tapi, ya sudahlah.. namanya kaget,ga bisa mengontrol diri.

Nb:
  • keluar lendir + flek darah sedikit (wajar karena miss v dilalui kateter)

Minggu, 29 Mei 2016 (hari insem 1)
Pagi ini, bangun jam 9, sarapan , gosok gigi dan cuci mencuci, terus melakukan perintah dokter untuk “investasi”, agar peluang keberhasilan insem lebih besar. Setelah itu, tidur 1jam.

Kemudian, tiba2 hp suami berdering, ada customer mau ketemu di mall. Akhirnya saya ikut,. Sampai di mol jam 2 siang, jalan2 sendiri sampai jam 8 malam. Hari ini lumayan pegel.

NB:
  • Flek darah + lendir bening masih keluar, namun jumlahnya sudah sedikit

Senin, 30 Mei 2016 (hari insem 2)
Pagi ini ke kantor seperti biasa, siang pulang makan siang, terus tidur siang, makan malam dan tidur

nB :
  • Flek dan lendir sudah menghilang
  • Ga ada keputihan
  • Kepala agak muter2 sebentar
Selasa, 31 Mei 2016 (hari insem 3)

Pagi ini ga ngantor jadi bantuin mamer masak dan bersih2 dapur, terus siang hari nemenin mamer ke dokter checkup, setelah itu ngemol jalan2 nonstop dari jam 3 siang sampai jam 7malam keliling2 (sambil bantuin gendongin ponakan)
nB :

·         kaki pegel akibat kebanyakan jalan

·         keputihan agak banyak hari ini

Rabu, 1 Juni 2016 (hari insem 4)
Hari ini di rumah, santai2 main sama ponakan, gendong2 ponakan juga yang berumur 4bulan (6.5kg)

nB:
·         Keluar sedikit keputihan

Kamis, 2 Juni 2016 (hari insem 5)
Pagi ini ke kantor seperti biasa, pulang ke rumah jam 2 siang untuk makan siang, dan ga balik lagi ke kantor.

Sampai rumah, makan siang, terus lanjut ke rumah tetangga bikin pizza dan pie susu bersama.

NB:
      ·         Keputihan lumayan banyak

·         Kepala agak pusing sedikit , efek kepanasan deket oven sepertinya

Jumat, 3 Juni 2016 (hari insem 6)
Pagi ini ga ngantor, tapi pergi arisan sekalian breakfast sama temen2 jam 8pagi. Selesai narsis2 foto2,. Bubar, lanjut ke mol lagi ngiter2. Sorenya, pergi jenguk baby tetangga yang baru lahir.. lucuu ^^ setelah itu,pulang ke rumah uda malam,. Makan malam dan tidur

nB :
keputihan sedikit

Sabtu, 3 Juni 2016 (hari insem 7)
< lupa >
Minggu, 4 Juni 2016 (hari insem 8)
 < lupa >
Senin,5 Juni 2016 (hari insem 9)
< lupa >
Selasa, 6 Juni 2016 (hari insem 10)
< lupa >
Rabu, 7 Juni 2016 (hari insem 11)

Pagi kerja, siang pulang makan siang, sorenya nemenin temen dari luar kota jalan2 ke mall, dinner, trus nonton Kura2 ninja.
Kamis, 8 Juni 2016 (hari insem 12)

Pagi kerja, siang pulang makan siang, bikin kue sus, terus tidur siang, malemnya dinner di luar

Jumat, 9 Juni 2016  (hari insem 13)
Pagi ini beraktivitas seperti biasa, ke kantor sampai waktu makan siang pulang ke rumah. Begitu sampai di rumah, langsung berganti pakaian,. Dan agak speechless ketika ternyata menemukan bercak darah berwarna cokelat. Pas banget 14hari dihitung dari tanggal insem.
Padahal jadwal haid berikutnya masih 3hari lagi, tapi Tuhan terlalu baik, Tuhan ijinkan saya tidak berharap terlalu banyak,, tidak menunggu terlalu lama untuk mengetahui kegagalan ini..
Terima kasih Tuhan,. kasihMu selalu luar biasa..

Rupanya pengalaman insem kali ini,cukup sampai disini. Walaupun gagal, kami tetap bersyukur karena telah merasakan dan menjalani semua proses ini dengan mudah. 2minggu penantian juga tidak terasa karena kesibukan kami berdua.
Mungkin bukan lewat cara inseminasi ini Tuhan menitipkan kepercayaannya kepada saya dan suami. Ga nangis kog, Cuma sedih aja : )

Selalu bersyukur dan bersyukur selalu karena dikelilingi oleh keluarga dan teman2 yang sangat perhatian
Walaupun ada sedikit terbesit perasaan menyesal karena terlalu banyak aktivitas setelah proses insem,. bukannya membatasi aktivitas, malahan menjalani rutinitas seperti biasa . Tapi ya sudahlah, mungkin ini sudah kehendak Tuhan. kalau Tuhan ijinkan, mau naik rollercoaster sekalipun, hamil ya tetep hamil yahh (edisi menghibur diri sendiri ^o^ )

Bagi teman - teman yang mau mencoba inseminasi, semangat yah..
Jika ada kesempatan dan dana,mengingat biaya yang dikeluarkan lumayan terjangkau dibandingkan biaya bayi tabung,. inseminasi boleh dijadikan langkah selanjutnya.. Walaupun chance keberhasilan cuma 10% dan sisanya 90% hak mutlak YMK, ga ada salah dan ruginya kita mencoba.. Semoga berhasil yah temen - temen.. 
Oh ia,.saya mau cerita belakangan ini,
  • saya seneng banget lihat foto - foto baby2 temen di instagram, facebook dan medsos lainnya.. sampai menghayal gimana ya nanti muka baby saya kelak
  • setiap ada postingan bumil, saya selalu melirik ke perut yang selalu datar ini,. dan sampai menghayal, kapan yah perut ini membuncit sambil mengelus - ngelus perut  dan senyum2 sendiri
  • tapi, kerinduan saya akan baby lumayan terobati dengan kesibukan sehari2 dan tiap hari ada ponakan suami yang umurnya 4bulan lebih,. lucu banget dia..


Perjuangan belum berakhir.. semangaaaat ya temen - temen seperjuangan
Semoga yang belum punya jodoh, segera menemukan jodoh yang baik
Yang belum punya baby, semoga kita semua disegerakan agar dipercaya punya baby
Yang sudah punya baby, semoga selalu bahagia dengan keluarga terkasih
Hidup ini terlalu indah untuk tidak disyukuri..
Sampai ketemu lagi di postingan berikutnya yah ^o^o^o^
Semoga selanjutnya saya bisa mengabarkan berita bahagia..
Amiiiinnn

5 komentar:

  1. Halo, aku lagi liat2 blog dan ketemu blogmu ini
    Temenku ada kasus yang mungkin sama ya, pergerakan sprem to slow dan katanya kurang sehat. Inseminasi buatan juga dan pernah failed. Trus mereka ke dokter Pudjo di Dharmahusada, sekarang anaknya udah 2.
    Memang sih dokter itu cocok2an dan semuanya adalah kuasa Tuhan, tapi dicoba pun ga ada salahnya kalo udah kerasa pingin ganti dokter.
    Good luck ya dan yang paling penting memang relax dan doa yang banyak, easy to say hard to do.

    BalasHapus
  2. Hai Tinaaa...
    Aku terharu liat semangat kamu. Jangan nyerah ya, en bener tetap percaya sama Tuhan.
    Semoga langkah selanjutnya bisa membuahkan hasil.

    BalasHapus
  3. Tina, semangat ya... Mungkin belum berjodoh, yang penting kita selalu ingat bahwa yang terjadi saat ini pasti ada tujuan baiknya. Diimani terus ya, gue juga bantuin doa semoga kesempatan jd orang tua segera datang pd kalian. Amin.

    BalasHapus
  4. Halo tina.. :) terus semangat ya.. tiada yang mustahil bagi orang yang Percaya. :)

    BalasHapus
  5. Hai Cici, semangat & usaha terus y ci, kita sama2 berjuang & berdoa :)
    *sesama ttc fighters he..he..he..semoga segera ada kabar bahagia..BBU ci..

    BalasHapus