Kamis, 10 Agustus 2017

Cerita Perjuangan Program Hamil



Hai...
Udah setahun lebih ga update blog yah
Bukan berarti ttc berhenti,. Ttc dan program untuk bisa hamil jalan terus kog, segala cara, obat2an herbal dan bahkan mitos2 yang konon bisa memancing terjadinya kehamilan juga dilakukan.
Oia..maap ya kalau postingan kali ini banyaaak sekali foto2 dan gambar2 (^o^)

Segala doa dan usaha kami kerahkan semampu dan sekuat saya dan suami..
Tak terasa usia pernikahan sudah 3tahun lebih nyaris menuju 4tahun..
Kerinduan untuk mengandung dan melahirkan baby bertambah besar dari hari ke hari,.
Setiap hari selalu bersyukur tapi tidak lupa untuk berdoa dan merayu yang diatas
Berdoa kepada yang pencipta alam semesta ini :

Tuhan.. semoga janin itu segera tumbuh di rahimku
Semoga hamba boleh segera mendapatkan kepercayaan untuk bisa dan boleh mengandung bayi yang sehat
Hamba percaya, hubungan sebaik ini.. hubungan cinta sebesar dan setulus ini, pasti Engkau berkati
Kami jarang sekali bertengkar, selalu saling menyayangi,mengasihi dan menghargai satu sama lain..
Tuhan pasti bisa melihat dan merasakan besarnya cinta kami berdua
Kami mohon ya Tuhan, berikanlah kami kesempatan...
Hanya kepadaMu kami memohon dan berdoa..
Terima kasih Tuhan untuk segalanya
Terima kasih untuk suami yang sangat menyayangiku
Terima kasih untuk mama mertua yang super baik dan super pengertian,. 

Sehingga ketika aq melangkah keluar dari rumah mama , aq tidak merasa menjadi seperti orang asing di keluarga baru ini..Terima kasih Tuhan, Engkau tempatkanku di posisi ini..
Mereka menerimaku dengan segala kelebihan dan kekurangan yang hamba miliki..
Terima kasih Tuhan untuk segalanya... Amin
Itulah doaku bertahun tahun selama ini...

13 Januari 2017
Kami memutuskan untuk mencari obgyn baru lagi, bertemulah kita dengan dr.Relly Primariawan, SpOG-KFER. Beliau dokter kandungan dan dokter bedah yang cukup terkenal di Surabaya. Kami berkonsultasi dengan dr.Relly di Klinik Tiara Cita (Klinik Fertilitas dan Bayi Tabung yang berada di dalam RSIA Putri - Surabaya)

Setelah bertemu, ditanya hari ke berapa,. Saya sengaja datang di masa subur, yaitu h14, namun setelah dilakukan transvaginal,. Beliau mengatakan sel telur saya kecil-kecil dan banyaaak,. Dan saya menderita syndrome PCOs dengan dinding rahim yang cenderung tipis.. (padahal untuk bisa hamil,diperlukan dinding rahim yang tebal)

PCOs tidak begitu asing di telinga saya,tapi yang saya agak terkejut dan bingung, apa benar saya terkena PCOs? Karena saya merasa tidak memiliki ciri ciri PCOs seperti yang saya baca di internet. Saya bertanya kepada dokter,. Dia menunjukkan, ini sel telurnya banyak tapi kecil2, tidak ada yang matang,. Dan ukuran terbesar hanya 11mm. Normalnya di masa subur ukuran sel telur minimal 18mm untuk dapat dibuahi sel sperma. Dan beliau bertanya,apa saya mempunyai keturunan diabetes dari orangtua? Jawabnya : tidak.

Dan beliau mengatakan pcos type kurus lebih sulit disembuhkan,daripada type pcos gemuk. Type pcos gemuk,cukup dengan berolahraga dan menurunkan berat badan,maka hormon akan kembali stabil.. nah,kalau pcos kurus,apalagi yang mau diturunkan?? Fyi,diriku TB : 157cm, BB : 45kg

Ok,konsultasi cukup sampai disini, beliau menyarankan untuk datang kembali di hari ke2 setelah mendapatkan haid.
Sampai ke rumah,saya langsung browsing lagi apa itu PCOS dan ciri cirinya

PCOs adalah
Penyakit yang disebabkan ketidakseimbangan hormon pada wanita
Pada PCOs , kadar hormon seks wanita, yaitu hormon estrogen dan progesteron tidak seimbang,karena ketidakseimbangan hormon ini menyebabkan tidak terjadi ovulasi dan haid tidak teratur,sehingga sulit hamil.  

Ciri – ciri penderita PCOs : 
  • Haid tidak teratur , siklus lebih dari 35hari. Seringnya 3-6bulan sekali , bahkan lebih. 
  • Di layar usg,terdapat sel telur yang kecil2 tetapi jumlahnya banyak 
  • Jerawat berlebih
  • Rambut rontok dan tipis
  • Tumbuh rambut dan bulu di tempat yang tidak seharusnya
  • Kegemukan
  • Sulit hamil / infertilitas
       Tanda dan Gejala PCOs biasanya muncul setelah seorang wanita mendapat haid pertama kali. Dalam beberapa kasus, PCOs berkembang di kemudian hari selama bertahun-tahun reproduksi, misal saat berat badan naik cukup drastis. (Sumber : detik.com)

Okay,sekarang kita bahas
Apa ciri pcos yang ada di saya?
  1.  haid memang tidak terlalu bagus siklusnya, antara 32-40 hari, tapi rata-rata 35hari dan setiap bulan tetap mendapatkan haid
  1.  sulit hamil (usia pernikahan sudah lebih dari 3tahun,dengan intensitas hubungan suami istri yang rutin dan normal) 
  1. terlihat di hasil usg, banyak sel telur tapi kecil2 dan tidak ada ukuran yang matang.
Dari dulu, ternyata saya sudah pcos, namun karena tidak ada dokter yang memberitahu dan menjelaskan,saya jadi tidak mengetahuinya. Dalam pemikiran saya,pcos itu jika sel telur kecil2 semua dan tidak ada yang besar. Setiap usg,saya melihat selalu ditemukan 1sel telur yang besarnya dominan dibandingkan yang lain(ada belasan sel telur menyerupai rantai).
Ternyata,hal tersebut tidaklah NORMAL

Umumnya pada wanita normal, hanya terdapat beberapa buah sel telur,dan terlihat 1-2sel telur yang besar(>18mm) dan matang di setiap periode. cmiiw
Sesampainya di rumah,saya memeriksa buku2 catatan dari beberapa dokter, ternyata mereka juga menuliskan hal yang sama(sel telur kecil2),tapi sama sekali tidak menjelaskan keadaannya pada saya dan suami , tidak juga menyarankan solusi / pengobatannya.

Setelah sekian banyak dokter yang kami datangi, dokter relly ini lah yang pertama kali mendiagnosa saya terkena pcos. Terima kasih dok.. Beliau memang dokter khusus kesuburan..
Kurang puas dan berharap bahwa telur saya mungkin bisa matang,tapi mungkin agak lambat,. Kami mendatangi dokter lainnya di hari ke 16. 2hari setelah kunjungan ke dr.relly

15 januari 2017
Kami berkonsultasi dengan dr.Ashon Sa’adi SpOG di klinik Fertilitas dan Bayi Tabung Ferina, sekarang sudah menjadi RSIA Ferina di Jl.Irian Barat - Surabaya .
Dr.Ashon adalah tim obgyn yang bekerja sama dengan dr.Aucky Hinting, dokter yang sangat terkenal dengan tangan dinginnya,tingkat keberhasilan bayi tabung dengan team dr.Aucky cukup tinggi. Banyak orang dari luar pulau yang melakukan proses bayi tabung di sini.

Ok, setelah dilakukan usg transvaginal, beliau juga membenarkan saya terkena pcos, dan ukuran sel telur hanya 12mm, jadi dipastikan bulan ini tidak akan terjadi ovulasi dan tidak ada peluang untuk hamil,
Beliau menyarankan untuk program secara alami dengan bantuan obat penyubur, lalu bila belum berhasil bisa dilanjutkan ke inseminasi,. Jika gagal juga, tahap terakhir yaitu bayi tabung,. Mengingat usia pernikahan kami yang sudah 3tahun lebih.

Sesampainya di rumah,saya sudah mulai bisa menerima dan mempercayai bahwa saya terkena pcos. Namun yang saya sesali,mengapa baru tahu sekarang. Selama ini,saya hanya fokus pada terapi di suami saya.. saya merasa tidak ada kendala di tubuh saya.. saat itu,ada perasaan bersalah di dalam hati. Namun,saya tidak boleh terpuruk, malahan harusnya saya berterima kasih karena Tuhan telah menunjukkan masalah ini sekarang.. Suami juga sangat mendukung dan menghibur untuk tidak bersedih..Untuk apa bersedih katanya,. Kita masih punya harapan kog,hiburnya. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki keadaan..
Pada bulan itu,saya haid seperti biasa dan untuk selanjutnya ada beberapa program hamil herbal yang saya lakukan,seperti :

Maret 2017
1.minum obat herbal merk forkab. Minum suami istri dari hari haid ke 8 sampai 2minggu ke depan.1hari minum 3x@10butir kecil2.(banyak yang berhasil hamil melalui ikhtiar forkab ini,terutama yang mempunyai masalah pcos dan dinding rahim tipis.)
2.ikut senam aerobic 4x seminggu di sport club dekat rumah, renang juga 1minggu 3x (olahraga berkeringat sangat disarankan bagi penderita pcos, olahraga dapat menstabilkan hormon secara alami.)

Dan kali ini,ganti dokter lagi,hahahhahaaaa 
dr.Hendra Soehartono di Jl.Bawean, dokternya ramah,baik,dan sangat pengertian, semua pertanyaanku dijawabnya jelas dan lengkap.
Puji Tuhan,aq cocok sama forkab ini, ada 1sel telur yang besar dan siap dibuahi ,19mm dan dinding rahim cukup tebal saat itu.. gembira banget saat itu,karena sebelumnya pakai obat penyubur dari dokter (profertil), sel telur memang merespons,tapi dinding rahim tipis,sehingga kemungkinan hamil kecil, walau bisa hamil, embrio tidak bisa menempel kuat karena dinding rahim tipis.. padahal dibutuhkan dinding rahim yang tebal untuk mempertahankan kehamilan. harapan untuk bisa hamil bulan maret ini semakin besar,. Sesampainya di rumah,. Beberapa hari ke depan kami rutin melakukan pr,.

Dr.Hendra Soehartono meresepkan :
  1. Obat penyubur dipthen (yang dikonsumsi mulai dari hari haid ke2 jika nanti misal haid lagi,ada 5butir) 
  1. metformin merk inlacin,ini  obat diabetes type2 yang harus dikonsumsi pasien pcos secara terus menerus. (belum ditebus)
nb : setiap obat yang dikonsumsi,harus sesuai petunjuk dokter ya teman2, karena kondisi setiap pasien berbeda2, jadi pasti terapi obatnya juga berbeda beda.
 
Bulan maret ini,saya berkesempatan ikut menemani suami melakukan perjalanan bisnis ke Guangzhou,China.. udara saat itu disana sangat sejuk,sekitar 15derajat,. Cukup menyenangkan menghabiskan waktu beberapa malam disana,. Sebelumnya juga sempat transit dan wisata kuliner di Singapore selama 2hari 1malam.. hitung hitung bonus honeymoon awal tahun ini.. harus sering honeymoon terus biar cepet hamil,rayuku ke suami
(modus).. wakakkakaa 






2minggu setelahnya,. Kebetulan saya mendapat rujukan untuk usg dari asuransi Allianz ke RS Husada Utama-Waru-Sidoarjo. Setelah mengantri, saya lupa nama dokter yang menangani saya saat itu. Karena free,sekalian saya bertanya,. Bagaimana keadaan rahim 
saya,. Berharap dinding rahim / endometrium masih tebal,. Kalau tebal kan erarti ada harapan terjadinya kehamilan. Hihihihii

Tapi,sayang sekali,. Beliau mengatakan dinding rahim saya tipis,. Dan ada banyak sel telur kecil2,. Dan perihal sel telur yang 19mm itu,katanya kemungkinan sudah pecah dan menghilang..
Ok,saya mengerti,intinya bulan Maret ini saya gagal lagi,. Tinggal menunggu waktu haid datang dan mencoba program hamil lainnya

April 2017
Bulan ini santay2,tidak minum vitamin dan penyubur apapun,olahraga juga sudah stop,makan sehat juga sudah berhenti
Tadinya setiap pagi saya hanya makan buah, dan telur rebus. Sekarang setiap sarapan, selalu sarapan karbo yang berat,. (nasi2an)

Bulan ini saya mencoba minum serbuk kayumanis dan madu,yang belakangan lagi booming di group FB “pcoS fighter”
Bagi kalian yang menderita pcos,sangat disarankan untuk bergabung di group ini,banyak sekali info dan sharing yang bisa kita dapatkan.

Bulan april ini,saya dan suami melakukan travelling dan bulan madu ke Jepang untuk melihat bunga sakura yang kebetulan sedang bermekaran selama 14hari 13malam. 
Disana kami sangat enjoy dan menikmati masa2 indah berdua..
Tapi sepulangnya dari Jepang,saya haid lagi,. Berarti gagal lagi perjuangan bulan april ini,
Awal haid ini,saya mulai rutin minum metformin dengan merk glucophage ,
1hari 1butir dosis 500mg setiap malam hari. 
Terapi metformin ini harus rutin setiap hari,minimal 3bulan,
Lupa minum 1hari saja,berarti terapi mulai dari awal lagi..
Puji Tuhan,saya cocok minum obat ini,. di beberapa orang,banyak yang mengeluhkan jantung berdebar,pusing,mual dll.








Akhir april 2017,
Saya berkunjung ke rumah adik saya di jakarta yang kebetulan akan melahirkan bayi kembarnya,. Bayi kembar laki2 yang sangat lucu..
Pesan dari mama mertua,. Suruh saya pakai baju terakhir yang dipakai dd sebelum masuk ruangan operasi,. Konon,banyak yang berhasil hamil ngikutin mitos itu..
ok,ga ada salahnya menuruti pesan dan wejangan dari mama mertua,. Saya pakailah daster dd saya yang super jumbooo selama 3malam.. dan bajunya saya bawa pulang ke surabaya.


ponakan twin boy ku yang super gemesinnnn

Mei 2017
Bulan mei,saya terus melanjutkan obat Metformin dengan merk Glucophage rutin setiap hari,. 
1tablet dosis 500mg
5 butir dipthen di hari ke2 dari hpht
Kemudian saya dan suami pergi touring dengan mengendarai mobil sendiri ke beberapa daerah di Pulau Jawa selama 1minggu,. Ini kerja nyales sekalian jalan2 (niat terselubung hihiiii :p)
Okay,. kami mengunjungi banyak tempat baru dan puas sekali berwisata kuliner di yogya,semarang dan sekitarnya.. setiap hari berpindah hotel dan daerah,.
Ini pertama kalinya kita jalan jauuuh ber2 saja dengan mengendarai mobil,.asik juga yah ternyata ^o^







25 mei 2017
Bulan Mei,ternyata promilku lagi lagi gagal 
Tuhan berkata
Tina,. Kamu haid lagi ya bulan ini
Ok Tuhan,tidak apa2,. Belum dikasi hamil bulan ini,. Datang haid pun harus selalu bersyukur dan bersyukur selalu
Di banyak kasus,pasien pcos sangat sulit untuk bisa haid secara alami.. mereka butuh bantuan obat2an pelancar haid, obat2an pemancing haid, obat yang secara paksa mengikis dinding rahim agar luruh dan bisa haid
Puji Tuhan aq tidak sampai mengalami hal itu,setiap bulan bisa haid alami walau tanggalnya selalu mundur..
Daaaan dengan haid lagi,.berarti kan program hamil bisa dimulai lagi.. yeayyy
Semangaattttttt
Jangan menyerah
Selama ada rahim dan masih haid,masih ada peluang kog untuk bisa hamil
Terima kasih Tuhan atas anugerahMu

Juni 2017
Oia,beberapa bulan sebelumnya..
Saya dan suami sudah sepakat untuk melakukan proses bayitabung setelah pulang dari liburan terakhir tahun ini,. Karena 3tahun lebih belakangan ini,kami merasa sudah cukup puas masa pacaran kami dengan melakukan travelling ke berbagai tempat.. sudah waktunya naik tingkat dan proses untuk berusaha hamil.. inilah hiburan dan harapan terbesar saya sebenarnya dalam menanggapi masalah kesuburan yang terdapat di tubuh kami ber2..

Istri : dinding rahim tipis, sel telur kecil kecil
Suami : varikokel grade 3 dan analisa sperma kurang baik, asteno, terato, oligozoospermia..

Lengkap sudah kan kekurangan dan kriteria kami untuk maju mengikuti proses bayitabung,
Walaupun saya tahu, proses bayi tabung menghabiskan dana yang tidak sedikit,dan sangat melelahkan dan menyakitkan(setiap hari harus mendapat suntikan2,test darah,bahkan harus terus bedrest di tempat tidur sampai masa pengumuman tiba,bahkan setelah hamil.. sampai trisemester pertama juga konon katanya harus total bedrest) tapi apa daya.. inilah satu-satunya harapan saya dan suami... dan saya bersyukur,hidup di jaman yang canggih ini,dimana ada teknologi yang bisa kita manfaatkan untuk memperoleh keturunan,walau tidak secara alami.. coba jaman dulu,raja/kaisar sekalipun bahkan tidak bisa berbuat apa2 jika sulit mempunyai keturunan.. apalagi jika hanya sepereti kita, rakyat biasa..

Mumpung Tuhan memberi kesempatan,. Tidak ada salahnya mencoba bayi tabung,, mana tau inilah jalan Tuhan mempertemukan kami dengan baby.
Banyak pasangan diluar sana yang mencoba bayitabung,. Ada yang berhasil, tapi tidak sedikit yang gagal.. tapi kalau tidak mencoba,kan kita tidak tahu.. ia kan? Hehehee

Tapi.. saya terus berdoa khusyuk di bulan ini,
Tuhan,,
Misalnya Tuhan ijinkan hamba hamil alami bulan ini, Sebelum saya melakukan proses bayi tabung..
Hamba berjanji akan “...................................................................................”
Itulah doa dan janjiku di bulan juni ini.. bulan terakhir kesempatanku untuk mencoba promil alami sebelum melangkah ke proses bayitabung di bulan Juli..

Mengapa mau bayitabung di bulan july?
Karena bulan Agustus, aq ulang tahun.. mana tau proses bayi tabung berhasil,kan bisa jadi kado terindah dari Tuhan di umurku yang menginjak ke 30tahun.. dan pas momentnya,jadwal travelling tahun ini sudah selesai.. hihiiy

Ok lanjut lagi yaa...
Promil bulan Juni ini :

Suami :
  • vitan 1hari 1tablet (harusnya 3x sehari,tapi karena Cuma beli 1kotak,jadi 1x aja sehari)
  • 2x minum tim saripati ayam + obat chinese "wei sheng wan" (kalengnya sama seperti baifengwan,tapi ini khusus untuk laki laki) di hari ke 9 dan 12 setelah istri haid pertama
Istri :
  •  Metformin merk glucophage 1hari 1tablet dosis 500mg setiap malam sebelum tidur
  •  2x minum tim saripati ayam + bai feng wan di hari ke 9 dan 12 setelah haid pertama
Okay, mau cerita lagi..
Pas menjelang memasuki masa subur,tiba2 kamar yang biasa saya tempati,tiba2 timbul bau sesuatu yang sangat menyengat. Setelah kamar diperiksa,. Tidak ada bangkai hewan apapun.. (sepertinya ada bangkai mickey mouse di atas plafon)
Akhirnya kami memutuskan untuk tidur di kamar tamu selama 1minggu lebih,yang mana waktu ini bertepatan dengan masa subur. Sampai kemudian setelah itu kamar kami tiba2 normal kembali,. Bau2an itu hilang seketika..

Dan di kamar tamu tersebut,saya dan suami merasa rileks sekali,.
Tidak ada beban dalam melakukan hb dengan suami,. Tidak seperti biasanya, kami melakukannya hanya karena ingin hamil, ingin punya baby,. seperti sebuah tugas dan kewajiban yang harus dikerjakan pada tanggal2 yang sudah ditentukan.. kali ini  terasa berbeda sekali.. kami melakukannya dengan penuh cinta, santay, rileks dan romantis.. tapi ya tetep yah setelah itu ,selalu mengganjal dengan bantal sampai pagi hari (ritual wajib). Konon,bisa membantu pergerakkan sel sperma agar lebih cepat mencapai sel telur.. amiiiin
Sampai akhirnya,.tiba pada libur lebaran

24juni 2017
Kami mengajak mama dan mama mertua saya untuk liburan ke Kuala Lumpur dan Taiwan,. 
9malam kami habiskan dengan bergembira..
Banyak sekali aktivitas dan tempat2 indah yang kami kunjungi..
Saya sekamar dengan mama saya
Suami sekamar dengan mamanya dan kokonya
Saya pikir lebih baik seperti itu,karena juga sudah bukan waktunya investasi baby,. 
Dan agar suasana lebih nyaman..
Sebentar lagi juga pasti haid,karena sudah tanggalnya.. sudah 1bulan dari hpht bulan lalu







ini manjat lumayan tinggi loh :p




wish our dream will come true soon
lentera harapan 2017




4juni2017

Kami akhirnya pulang dari liburan.
Saya sempat pilek pas sebelum pulang dari Taiwan..
Suami bilang,. Kamu jangan minum obat dulu ya.. belum haid kan?
Aq baru ingat.. ia ya belum haid ternyata, tapi ya paling terlambat lagi seperti biasa..
Terlambat 1-2minggu bukan lagi hal yang aneh..

Tapi tiba2 kepikiran... sepertinya masih ada 1buah testpack di lemari..
Saya cari2 dan ternyata ada..
Saat itu sore hari.. suami belum pulang kerja
Saya sengaja test diam2, dalam hati sebenarnya tidak mau lagi test,takut kecewa lagii..
Namun,saya pikir,,test aja lah..biasanya habis test,negatif terus besoknya haid hahahaah
Bagus juga kan begitu,jadi ga h2c, ga terus berharap

Tapi tiba2..
Kog muncul 2garissss, cepet banget garisnya muncul..
Ga salah liat ya ini? Beneran yaa?? Saya langsung menduga, ini sepertinya testpacknya rusak
Mungkinkah sudah expired karena sudah lama disimpan?
Kebetulan kertasnya juga seperti sudah mau copot
Langsung liat tanggal expdnya,.tapi masih lama ternyata.. 
Rasanya gimana?

Bingung, ga percaya, kagettttt

Akhirnya langsung ke rumah tetangga untuk minta nemenin ke apotik beli testpack yang agak bagusan.. karena test yang aq gunakan,yang 3ribu aja,, takut ga akurat atau sudah rusak.. pikirku, setelah ok bener positif, baru kasi tau suami..
Takutnya kalau testpacknya rusak/exp, suami sudah keburu berharap.. nanti jadi kecewa kan kasian..

Setelah beli testpack yang agak bagusan.. langsung test sore hari itu juga.. dann
2garis jelas juga terlihat... berarti benerrr positif

Ini penampakkan testpack positif pertama seumur hidupku
Ya Tuhannnnkuuu
Terima kasih Tuhan atas kesempatan dan anugerah ini.. rasanya ingin cepet2 kasi tau suami
Sampai akhirnya,suami pulang kerja.. aq suruh mandi dulu,. Baru deh di kamar,aq kasi dia kejutan ini..
Aq masukin ke dalam kotak kacamata, terus pas liat isinya.. dia langsung meluk,senyum bahagia.. Akhirnya,hari ini datang juga di hidup kami berdua ya Tuhan.. sudah 1.310 hari kami menunggu keajaiban ini terjadi.. Kita pun memberitahu mama mertua, beliau sumringahh dan bahagia sekalii... dalam hati aq bergumam “makasih ya ma,sudah sabar menunggu hari ini tiba,. Tidak pernah sekalipun mama mertua menyakiti hati menantumu ini yang tak kunjung hamil...”

Malam itu juga
4juni2017, kami mencari obgyn.
Sebenernya,. Aq mau konsulnya ke dr.Hendra Soehartono, tapi beliau belum mulai prakteknya(masih masa libur lebaran).. karena sudah tidak sabar ingin melihat hasil usg dan misal bener hamil, babynya kan bisa sedini mungkin mendapat asupan vitamin dan penguat,. (pas tespack,sudah telat 9hari dr hpht)
Maka kami memutuskan untuk ke RSIA Ferina,. Dengan dr,Ashon Sa’adi, dokter yang juga pernah kami kunjungi awal tahun lalu untuk memastikan pco.

Okay, langsung usg transvaginal karena kata suster kandungan masih terlalu kecil jika usg perut,baru 5w seharusnya kalau dihitung dari hpht 25mei2017.
Setelah di usg transvaginal, ternyata sudah ada kantong kehamilan (Puji Tuhan), 
menurut dokter ukurannya 4w,dan terlihat yolksalk kecil di dalamnya.. 
Tapi ada kista 4cm di sebelah kiri.. namun tidak masalah kata dokternya..

Horray,. Berarti benarr, mulai sekarang ada calon janin yang sedang bertumbuh di rahimku.. terima kasih Tuhan,akhirnya moment ini datang juga ke dalam hidupku..
Semoga kehamilan ini bisa berjalan dengan lancar,sampai hari kelahirannya.. amiin
Tolong bantu doa ya man temann, makasih 







Oia, baru teringat nazar yang aq ucapkan tepat sebulan sebelum tespack positif ini, janji yang sudah kubuat berdua dengan Tuhan,. akhirnya aq mengatakannya pada suami,.dan dia mendukung penuh.. Dia akan membantu dan mendukungku untuk memenuhi janji yang telah kubuat dengan penuh rasa ikhlas dan syukur..

Pertolongan Tuhan begitu ajaib,
PertolonganNya tidak pernah terlambat
MujizatNya nyata..
Tepat banget, sebelum proses bayitabung dimulai bulan depan.. malah Tuhan sudah menjawab doaku.. doa yang selama ini aq panjatkan.. akhirnya aq bisa hamil bahkan dengan cara alami.. dengan segala kekurangan yang aq dan suami miliki.. tapi Tuhan tolong kami,. Tuhan beri jawaban di waktu yang tepat.. seperti lagu rohani Kristiani “waktu Tuhan” ini liriknya

Waktu Tuhan bukan waktu kita..
Jangan sesali,keadaannya..
Untuk semua,ada waktu Tuhan..
Tetap setia,. mengandalkanNya...
Reff :
Segala yang terjadi di hidupku
Janji Tuhan,menghidupiku selalu
Ku Yakin Percaya, pada waktunya Tuhan
Semua kan indah pada waktuNya..

Lirik yang sangat indah,dan belakangan sering kunyanyikan.. walau aq bukan beragama Kristiani, tapi saya suka sekali mendengarkan dan menyanyikannya,. Lirik2nya indah,menyentuh dan mudah dipahami,artinya juga sangat menginspirasi kehidupan.. menyadarkan kita,bahwa kita hanyalah makhluk kecil yang harus selalu bergantung pada kebesaran Tuhan.. kita rindu kasihNya, kita membutuhkan pertolonganNya di dalam menjalani kehidupan ini.. waktu yang Tuhan ijinkan,adalah waktu yang terbaik..kita harus bersabar menunggu waktu Tuhan tiba..  

Dan,kalau diingat2 pas kemarin liburan ke Taiwan,banyak sekali aktivitas yang aq lalui,. Naik turun bus tinggi, naik tangga 5lantai nonstop sambil lari2an,karena takut ketinggalan rombongan,. Tersandung 2x di jalan,dan hampir jatuh,.Belum lagi angkat2 barang dan masih banyak lagi kegiatan melelahkan yang aq lakukan selama liburan.. 
Namanya ga tau udah hamil ternyata saat itu (pas awal jalan2 itu tepat 1bulan dari hpht).. 
Terus lagi,makan segala makanan aneh2,panggang2an,. Makanan setengah mateng,yang mentah bahkan.. malah ada yang kurang higienis seperti di pasar malam.. tapi Puji Tuhan,Tuhan lindungi janin yang sudah melekat ini.. badanku fit banget,ga ada rasa kelelahan atau flek sedikitpun saat itu..
Terima kasih Tuhan..

6juni2017
Pagi ini,saya berinisiatif melakukan test pengentalan darah sendiri ,karena katanya di awal kehamilan.. paling berbahaya untuk calon janin,jika ternyata ada pengentalan darah,namun sang ibu tidak mengetahui.. bisa mengakibatkan pendarahan dan keguguran bagi si calon bayi.. tidak mau mengambil resiko itu, saya cek sendiri tanpa ada instruksi dari dokter.. hasilnya keluar 5hari kemudian.

Saya test : ACA = igg dan igm, biayanya cukup mahal,. 1.4juta di Lab Paramita.
Ditambah beberapa test kolesterol, gula darah, dll yang umum2,.

Puji Tuhan hasilnya semua normal,tidak ada masalah.
Jika kehamilan yang disertai pengentalan darah, maka si ibu harus mengkonsumsi obat pengencer darah dan bahkan jika tingkatnya sudah parah, harus disuntik setiap hari, seperti kasus Ashanty dan Tya Ariestya sampai proses kelahiran tiba..






Setelah pengambilan darah,saya bergegas ke wc untuk buang air kecil.
Terkejut sekalii, ternyata saya menemukan segaris flek bewarna cokelat..
Maaf ya kalau saya upload disini, berharap banget kalau ini namanya implamantasi embrio / penempelan embrio? (tapi harusnya kalau penempelan embrio kan ditemukan sebelum waktu haid datang.. ini sudah telat 10hari)


Panik,kaget,takut,sedih,. Itulah rasa yang bercampur di tubuh ini, takut sekali waktu melihat flek ini, takut janin tidak berkembang, takut ini pertanda yang tidak baik untuk kandunganku.. mengingat usg terakhir belum keliatan ada janin dan detak jantungnya.. dan umurnya yang masih sangat muda dan rawan..

Langsung deh kasi tau suami dengan berlinang airmata..
Terdengar lebay ya? Mungkin karena ini kehamilan pertamaku,yang hampir 4tahun aq nantikan..dan,.flek kan musuh terbesar dalam kehamilan..
Sejuta ketakutan menghantuiku.. takut ini,. Takut itu.. sudah banyak pikiran jelek yang bersarang di kepalaku.. dan langsung berdoa dalam hati,minta pertolongan Tuhan.. Tuhan tolong jaga janin ini,. lindungi dan kuatkan dia ya Tuhan..
Kebetulan tak jauh dari sana, terdapat RSIA

RSIA Kendangsari,. Saya langsung daftar dan antri,. Sama dokter mana saja ga masalah, saya hanya ingin mengetahui kondisi janinku
Setelah menunggu cukup lama
Bertemulah saya dengan dr.Fachri SpOG , setelah di usg transvaginal,
Kata dokter, ukuran kantongnya sekitar 4w 1d ,dan bentuk kantong kehamilanku kurang bagus, bentuknya bergerigi dan tidak bulat. Dan tidak ada double sign ring.. jadi sangat rawan sekali. (hpht harusnya 5w)




Disuruh banyak2 berdoa, jangan searching2 google yang nanti malah bikin stress,  minum teratur vitamin dan penguat, bedrest total dan banyak makan makanan yang bergizi. Dan balik lagi untuk kontrol 2minggu ke depan.

Sedih dan terkejut mendengarnya.. seakan2 harapan untuk kedepannya agak tipis..
Sampai ke rumah, langsung istirahat total.. semua dilakukan di kamar, makan dibawain ke kamar (kamarku lantai2,jadi untuk sementara ga boleh naik turun tangga), semua dibantuin suami dan mama mertua.. selain tidur,paling cuma ke kamar mandi aja untuk pipis.. dann
Yup, searching2 dan cari info di google tentang bentuk kantong kehamilan yang katanya kurang sempurna ini..

Oia,menurut dokter ini, buletan yang menyerupai kista itu adalah kista fungsional,yang bahkan mempunyai fungsi untuk melindungi kehamilan awal.. agak bingung ya dengernya.  tapi hal ini tidak terlalu menganggu konsentrasiku.. yang membuat khawatir.. ya itu,bentuk kantong kehamilanku yang kurang sempurna.. hiks

Menurut beberapa artikel (banyakan artikel luar negeri yang bahas), pada kasusku ini chancenya 70:30, 70perc diantaranya berakhir dengan keguguran, dan 30perc diantaranya,bisa memperbaiki dirinya sendiri dan kehamilan berlanjut normal sampai duedate.. setiap waktu berdoa dan berdoa.. berharap semoga aq termasuk dalam golongan yang beruntung, dimana kantong kehamilan dapat memperbaiki dirinya sendiri.. amiiiiiin

Oia,sampai malam fleknya Puji Tuhan tidak keluar lagi,.hanya yang di foto pertama aja.. 
Ga sabar menunggu 2minggu lagi untuk liat perkembangan janinku..

10 Juni 2017 ( 6 weeks )
Setelah istirahat total selama 1minggu penuh (ga sabar nunggu sampai 2minggu),. akhirnya
Saya konsultasi dengan dr.Chandra Thayty SpoOG di Jl.Dukuh Kupang, sebelumnya saya pernah beberapa kali ke sini,. Dokternya pinter, banyak sekali pasiennya,tapi memang irit sekali bicaranya..

Tadinya saya tidak berniat untuk ke dokter ini,tapi karena beliau terkenal pandai menganalisa,. okelah,ga ada salahnya saya kesana,.dan juga alatnya canggih dan teknologinya termasuk baru,jadi seharusnya hasil analisa bisa lebih akurat dan terpercaya.. giliran saya pun tiba, jam 00.30 pagi (bayangiiin....)
Ok, begitu bertemu, langsung di usg perut,. Ga di usg transvaginal.. beliau jarang melakukan transvaginal di awal kehamilan jika tidak terdesak..
Dann,, Puji Tuhan,, beliau memeriksa sebentar,dan langsung bilang
Ini kehamilannya 6w 1d yah bu,sesuai dengan hpht
Trus digeser2 lagi,. Nih sudah ada detak jantungnya, embrionya hidup katanya
Serasa melihat seberkas pelangi setelah hujan badai..
Lega dan seneeng sekali mendengar pernyataan dokter

1minggu yang lalu,kulalui sepertinya lama sekali.. akhirnya terbayar dengan mendengar detak jantung babyku.. 120bpm, normal kata dokter.
Diatas 100bpm,bagus. Diatas 150bpm,bagus sekali
Terus,saya tanya mengenai kantong kehamilan yang menurut dokter sebelumnya kurang sempurna.. beliau mengatakan,yang penting saat ini embrionya hidup , hamilnya di dalam rahim. 
Agak ketus,tapi ya sudahlah,. Jawabannya cukup melegakan walau kurang memuaskan.. saat itu sudah hampir pukul 1pagi,mungkin beliau terlalu lelah bekerja sepanjang hari..













Pulanglah kami dengan hati yang gembira,tenang,bersyukur,bersukacita dan tidak henti hentinya berterima kasih atas mujizat yang Tuhan berikan..
Sampai ketemu lagi ya dek 2 minggu lagi..
Sampai hari ini saya membuat draft tulisan ini, flek sudah tidak pernah muncul kembali.. semoga fleknya tidak pernah kembali lagi..mual,muntah,pusing juga belum kualami. Doaku, semoga Tuhan memberkati dan melindungi kehamilan pertamaku ini . amiinnn

Oia,kalau misal ada yang tanya apa aja usaha yang aq lakukan sampai terjadi kehamilan ini:
  • Promil ke dokter dan mencoba segala macam obat2an herbal dan tradisional
  • Selalu berdoa memohon keajaiban untuk boleh hamil kepada Tuhan
  • Santay,rileks dan refreshing jalan jalan sama suami ber2 aja..biar ada quality time
  •  Berbakti kepada orangtua 
  • Bersedekah,berdonasi sekuat,semampu dan seikhlas kita ke orang2 yang membutuhkan uluran kasih kita (terutama bayi2 dan balita yang sedang sakit) Melakukan kebajikan (tidak selalu berhubungan dengan materi,.tapi berdoa dan membantu orang, menyumbangkan tenaga untuk kegiatan sosial juga sangat baik.)
  • Melepaskan makhluk hidup(misal : lele,ikan2 hidup di pasar yang akan segera dipotong dan dimasak) ke alam bebas (istilah mandarin : fangshen) 
Saya sangat tau dan bisa merasakan perjuangan dan kerinduan teman teman yang sedang berada di posisiku, sudah menikah lama.. tapi kenapa Tuhan belum percayakan kehamilan..

Perjuangan kita belum ada apa2nya.. banyak diluar sana,pasangan yang telah berjuang lebih lama dan lebih dahsyat usahanya dari kita,. Tapi mereka tidak mengeluh dan selalu bersyukur

Sabar dan terus semangat dan berusaha ya,. Ga boleh menyerah,jangan pernah letih,kita tidak boleh jenuh dan bosan,.kita harus terus melakukan segala usaha sampai ujung batas kemampuan kita.. tiada usaha yang sia2.. Tuhan pasti menunjukkan jalan.. Tuhan pasti buka jalan untuk kita,asal kita mau berusaha. Tapi mungkin waktu kita dan Tuhan berbeda.. kalau kita pasti mau secepatnya..tapi Tuhan yang lebih mengerti dan menyayangi kita.. Dia sedang mempersiapkan yang terbaik untuk kita.. jika Tuhan belum kasih,mungkin karena itu bukanlah yang terbaik untuk kita.. Sabar dan ikhlas menanti waktu yang Tuhan siapkan untuk kita.. mungkin sebentar lagi giliran kita akan datang..
Kebetulan giliranku telah datang saat ini..
Bisa jadi,giliran kamu bulan depan datang..
semangaatt temen2 ttc.. i feel you

26 juni 2017 ( 8 weeks )
Saatnya kontrol kehamilan minggu ke-8, setelah antri.. usg perut,.dan dokter mengatakan semuanya normal..
Detak jantung janin di angka 180bpm. dan disarankan untuk melakukan pemeriksaan darah, seperti torch, rubella, dll. 
Metformin masih dilanjutkan , metformin tidak boleh langsung dihentikan.. takut janinnya kaget dan rawan keguguran.










    
Liat gak itu buletan hitam di bawah baby? kalau search di google,ternyata kemungkinan itu adalah corpus luteum.

Korpus luteum, yang berarti tubuh kuning dalam bahasa Latin, adalah apa yang tersisa dari folikel setelah seorang wanita berovulasi. Selama fase folikuler dari siklus wanita, beberapa folikel berkembang di bawah pengaruh FSH (follicle stimulating hormone). Setiap folikel berisi telur. Dalam siklus biasa hanya satu telur akan menjadi cukup matang untuk ovulasi. Ketika seorang wanita berovulasi telur akan pecah dari folikel. Lalu apa yang tersisa dari folikel akan menjadi korpus luteum. Fase luteal, dinamai korpus luteum, adalah paruh kedua dari siklus menstruasi wanita. Fase luteal dimulai setelah ovulasi dan berlanjut sampai menstruasi terjadi.

Fungsi korpus luteum :
Korpus luteum menghasilkan progesteron. Progesteron membuat lapisan rahim untuk implantasi menjadi tebal dan diperlukan untuk mempertahankan kehamilan yang sehat. Korpus luteum menghasilkan progesteron sampai plasenta mulai mengambil alih produksi progesteron sekitar sepuluh minggu kehamilan.

Berapa lama korpus luteum bertahan ?
Setelah seorang wanita berovulasi, korpus luteum hanya berlangsung selama sekitar 12-14 hari kecuali mulai menerima HCG (human chorionic gonadotropin) dari embrio yang berkembang. Jika telur tidak dibuahi, korpus luteum akan mati dan produksi progesteron berhenti. Ketika tingkat progesteron turun, lapisan rahim berhenti menebal dan akibatnya ditumpahkan saat menstruasi.


Jika telur dibuahi, korpus luteum akan mulai menerima HCG dari embrio. HCG memberitahu korpus luteum untuk terus memproduksi progesteron. Korpus luteum berlangsung selama sekitar sepuluh minggu setelah ovulasi. Setelah sepuluh minggu plasenta mengambil alih produksi progesteron sampai akhir kehamilan.
(sumber : http://www.sridianti.com)

Ternyata benar pernyataan dan sekilas penjelasan dari dokter Fachry di Kendangsari,. korpus luteum ini,malah membantu mempertahankan kehamilan di masa awal.. tapi sepertinya tidak semua wanita hamil ya ada korpus luteum ini.. apa karena dinding rahimku tipis? tapi bersyukur selalu.. ternyata kista ini tidak membahayakan janinku.. malah mendukung membantu memperkuat kehamilan. Terima kasih Tuhan...

Oia,hasil test darah sudah keluar,ini datanya:







Biaya lab kali ini lumayan menguras kantong,. tapi syukurnya Puji Tuhan kebetulan banget bulan ini,bulan Agustus aq ulang tahun,jadi ada potongan 25%,yippy.. lumayan bangeet bisa hemat sampai 750ribuan
FYI biaya test di lab pramita Agustus 2017 (harga normal):
  • Hematologi lengkap : rp.120.000
  • G 6 PD (anemia hemolitik) : rp.375.000 (tidak ada potongan harga)
  • Urine lengkap : rp.62.000
  • HBsAg (hepatitis B): rp.188.000
  • Anti HBs Titer : rp.321.000
  • Anti HCV (hepatitis C): Rp.511.000
  • IgM Toxoplasma (virus sTokso) : rp.333.000
  • IgM Rubella (virus rubella): rp.446.000
  • IgM CMV (virus cytomegalovirus): rp.468.000
  • IgM HSV2 (virus herpes type2): rp.384.999
  • TPHA (sifilis): rp.186.000
Sebenarnya ada 1test yang dianjurkan dokter,tapi aq ga test.. test HIV, tahun lalu sudah pernah test dan hasilnya Puji Tuhan negatif., lumayan juga pas tanya,biayanya sekitar rp.350.000,-
Setelah menunggu dengan cukup deg-degan dan harap2 cemas.. karena di tv lagi gencar dicanangkannya imunisasi vaksin pencegahan MR (measles rubella),yang mana virus rubella ini sangat berbahaya untuk kesempurnaan dan keberadaan janin selama berada di kandungan..
Tapi kembali lagi,selalu berserah sama Tuhan.. yang Tuhan kasih pasti yang terbaik..
Puji Tuhan kalau baca sendiri sepertinya semua hasilnya masih di angka normal..

7 Agustus 2017 ( 10 weeks )
Hari ini ketemu dd lagi.. uda ga sabar pengen nengokin dia.. hihi
pemeriksaan kali ini, aq dan hubby uda ga terlalu tegang.. uda agak rileks.. 
Begitu ketemu dokter,aq langsung bilang..dok,aq kog ga mual atau pusing dll ya,. 
Terus dokter bertanya.. ada flek? ngga dok.. ok kita langsung usg ya..
dan tiba akhirnya bisa liat dd di layar usg lagi.. begitu masuk ruangan dokter,langsung diolesin gel 2d ke perut.. terus di usg deh.. bentuknya uda lebih berbentuk dari 2 minggu sebelumnya.. kata dokter, ini ya bu tangannya,.. memang keliatan tangannya.. terus aq nanya.. kakinya mana dok? kog ga keliatan? langsung dia olesin gel 4d dan ganti alat 4dimensi.. lebih jelas keliatannya.. excited banget pertama kali liat baby sendiri di layar 4d,,.lucuu.. lagi bobo kata dokternya,jadi ga bergerak.. keliatan tangan n kaki mungilnya.. legaa deh.. hihii
Kata dokter gpp ga mual dll,yang penting ddnya berkembang.. 
Dan setelah diukur, ukuran baby dan hpht sesuai,.sesuai grafik yang seharusnya juga.. Puji Tuhan...
kontrol kali ini cepet banget .. cuma 5menit..
CRL 8weeks : 3.6cm
Heart Beat : 188bpm
Yang dirasakan minggu ini :
  • payudara membesar
  • kalau salah gerak, bokong sebelah kanan bisa ngilu dan nyeri
  • napsu makan biasa
Kontrol selanjutnya 2minggu lagi.. ga sabar pengen liat dd gerak2 di layar usg.. agak penasaran juga sama jenis kelamin dd (^o^)


























16 Agustus 2017
30th Birthday Blessing

16 komentar:

  1. Hi tina. Nih cia cia saudara darwin dr medan. Happy birthday dan congrat yah atas kehamilannya. Turut bersuka cita dengarnya dan postingan kamu saya baca dan membuat saya terharu. Saya mau berbagi pengalaman ttg kehamilan saya yg pertama. Di usia 29 thn dan setelah 6 bln menikah,saya hamil trus terang saya dan suami sgt senang.tapi kenyataan berkata lain setelah ke dr.obygyn dan disuruh tes darah. Dan hasil tes darah saya dinyatakan terkena virus torch dan rubella. Itu membuat saya shock berat dan dinyatakan harus makan obat sampai melahirkan. Setelah saya searchinh ternyata virus ini bisa sgt membahayakan buat jabang bayi 1 malam an saya menangis merasa sgt tidak adil mengapa bisa terkena virus padahal saya tidak pernah bersentuhan dgn binatang apalagi memelihara binatang

    BalasHapus
  2. Dan saya dan suami sepakat mencari opsi laen ke dokter laen. Ke dokter terbaik di medan dr.khoman dimana saat itu saya sudah sgt pasrah dan mengangap apabila dia milik saya pasti milik saya dan bila bukan milik saya . Saya sudah pasrah tuhan. Dan dr dokter ini saya mendapatkan penjelasan sangat mendetail tentang virus ini. Dan saya disuruh cek darah sekali lagi dgn biaya saat itu lumayan mahal dimana test darah dilakukan di medan. Tapi sample darah saya di bawa ke singapore dan biaya pembayarannya mengunKan us dollar dan hasil akan keluar selama 20 hr lebih kurang. Saat saat saya menantikan hasil keluar saya hanya pasrah dan dalam pikiran saya karma apa saya perbuat

    BalasHapus
  3. Saya dan suami sepakat mencari opsi laen dgn mencari dokter kandungan terbaik di medan yaitu dr. khoman dimana penjelasan ttg virus itu sgt mendetail dan dpt menenangkan saya. Dan
    Disuruh cek darah ulang di medan tapi dgn biaya lumayan mahal dgn sample darah dikirim ke singapore hasil pun keluar setelah 20 harian. Dokter khoman menyuruh saya jgn makan obat virus dulu dalam penantian selama 20 hr saya sudah sangat pasrah sekali. Dan selalu dinasehati sama mama saya. Apabila dia milik kamu pasti menjadi milik kamu. Byk berdoa dan berbuat baek untuk calon bayi kamu itu pesan mama saya. Setelah 20 hari saya berkunjung ke dokter lagi dan harapan pasrah apapun hasilnya saya terima.dr hasil sample darah saya diketahui virus saya tidak terlalu membahayakan krn laju cepat dan virus di dalam darah saya tidak tinggi. Yah ampun saya dan suami sgt sgt bahagia mendengarnya dan dinyatakan tidak perlu makan obat untuk virus torch dan rubella. Tapi cobaan bukan sampai situ. Setelah beberapa hari dinyatakan tanpa perlu makan obat virus. Tiba tiba saya mengalami pendarahan langsung saya telp suami saya dgn nangis sejadi jadinya. Suami saya segera pulang dr kantor dan segera mengunjungi dokter khoman. Dimana saat itu sampai disana saya langsung di cek dan Dinyatakan janin saya baek baek saja dan detak jantung normal semuanya. Tapi disuruh cek darah ulang segera per hari itu krn takut gara gara virus bisa terjadi pengentalan darah. Apa yg di bilang dokter saya turutin dan segera ke rumah sakit columbia di suruh cek darah dan suntik penguat janin disana. Sgt teringat saya disana dimana suster nyegir nyegir senyum senyum mengatakan kepada suami saya. Makanya kalo istri lagi hamil muda jgn di ajak berhubungan. Yah tuhan dalam hati saya .apa mereka tau apa yg saya alami.singkat cerita dr hasil darah dinyatakan mmg ada pengetalan darah dan selama beberapa hari mesti bolak balik rs buat suntik penguat janin






    BalasHapus
  4. Dan dinyatakan sama dokter mesti makan obat pengencer darah sampai melahirkan .dimasa masa kehamilan awal yg sgt bermasalah tapi saya sgt pasrah dan punya pikiran apa yg harus saya perbuat buat janin saya?? Sebagai ibu pasti menginginkan bayi yg sehat dan terlahir normal. Saya byk berbuat kebajikan tina. Dimana menyadarkan saya jadi manusia itu kecil dan yg mengatur diatas. Selama masa kehamilan saya jadi sgt sgt spritual dan byk berdoa untuk kesehatan janin. Sebagaimana agama buddha sy tiap hari pergi pindapatta berdana kepada para bhikhu dan membaca paritta suci tiap malam untuk calon bayi saya sambil memegang perut saya semoga kamu mendegarkan anakku apa yg mami yg baca dan kamu selalu sehat sehat didalam perut mama.tina kalo ada paritta suci sering baca yah tiap malam terutama Angulimala paritta

    BalasHapus
  5. Dimana kehamilan saya tanpa ada masalah lagi pada usia kandungan 7 bulan saya memutuskan tidak memakan obat pengencer darah. Krn saya takut membahayakan bayi saya tapi tanpa sepengetahuan dokter. Hehehehee pasien nakal. Dimana masa kehamilan saya tanpa kendala apa apa. Saya melahirkan caesar dan yg sgt membuat saya sgt lega baby saya normal semuanya dan dgn berat bayi 4.2 kg . Dan skrg anak saya sudah berusia 6.5 tahun sangat sehat dan pintar di sekolah. Cuman berbagi pengalaman tina dan semoga bermanfaat . Selalu byk berbuat kebajikan. Fang shen . Dan baca paritta suci. Buddha bless u always. Saddhu saddhu saddhu


    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai ci.. xiexie ci wishesnya..
      Ini cici anaknya koko ya kalau ga salah?
      Perjuangan cc luar biasa bangett,salut bgt cc bisa sekuat dan setegar itu melewati smua masa2 itu.. ga kebayang gimana takutnya perasaan pas tau ada masalah dalam kehamilan.. apalagi kehamilan pertama yg ditunggu2.. tapi Tuhan memang maha baik ci,Tuhan ga akan kasi cobaan yang kita ga mampu terima.. Lega banget ya ci pas akhirnya bisa liat baby lahir sehat dan sempurna
      ia ci,w akan trus berbuat kebajikan,menanam karma baik,dan mau berusaha belajar baca paritta (dari dulu w skolah katolik ci,jadi belum pernah belajar agama Buddha,.) biar semuanya terus dilancarkan sama yang diatas.. xiexie ya ci sharingnya.. menginspirasi sekali (^o^) BBU more ci.. sadhu sadhu sadhu

      Hapus
  6. TInaaaaaaaaaaaaaaa..Big hug. hehehehehehehe.. ah, tak bosan2 aku bacanyaaaa. pengen lagi lagi dan lagi. hihihihihi. seneng bangettttt..

    kalau liat dari detak jantungnya sih bakalan baby boy yaa. katanya detak jantung anak cowo bisa diatas 150 bpm. hehehe. tapi apapun jenis kelaminnya kudoakan yang terbaik buat kamu, darwin dan baby.

    sehat2 selalu yaa tina, makan banyak yang bergizi dan jangan terlalu banyak aktivitas yang berlebih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makaci pi uda baca smpai tuntas,padahal panjaaang bgt postku yah.. hihii
      Wah masa ya baby boy? Apa aja gpp,yang penting sehatt n lengkap semuanya uda bersyukur banget ^^
      Ia pi,sekarang uda membatasi aktivitas.. makaci pi, GBu dear 😘

      Hapus
  7. Ciciiiii..akhirnya bisa baca blog cici lagi setelah sekian lama hi..hi..hi..puas bacanya Ci :)

    Sekali lagi congratz y Ci buat kehamilannya, i'm so happy for you ^^
    Semoga kehamilannya lancar seterusnya y Ci, jangan banyak mikirin yg negatif2, enjoy the moment :D

    Btw Ci yg soal baca paritta, kalau belum bisa baca bahasa sankritnya kita baca bahasa indonesianya aja gpp Ci. Sampai nanti waktu lahiran tetap baca Angulimala Sutta :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia fer,uda disiapin draftnya setiap kali kontrol.. biar ga lupa hahahahaa
      Ia fer,cc ga ngerti gimana cara baca parittanya.. nanti mau coba belajar yang bahasa indonesianya aja.. surat angulimala sutta ya.. thank u fer tipsnya 😍
      Ia fer,ini pikiran suka muncul yg aneh2 hahaha
      Semoga cepet nyusul dan giliranmu sebentar lagi tiba yaa.. sadhu sadhu sadhu ^o^

      Hapus
  8. Hai tina salam kenal ya :) Aku terharu banget baca perjuangan kamu.. Tapi sekarang semua sudah berhasil ya tin :) Semoga kamu dan baby sehat sehat terus.. Lancar dari awal kehamilan sampai nanti dd lahir.. Yang lalu biarlah berlalu ya.. Jangan mikirin hal negatif yang bikin kamu stress.. Pokoknya enjoy every moment lah.. Bulan ke bulan sampai nanti akhirnya dd lahir ke dunia.. Waktu Tuhan memang waktu yang paling tepat ya, nggak akan kecepatan maupun terlambat.. Sehat2 terus buat kamu and baby, BBU and family :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai nova.. salam kenal juga ya.. makasi ya uda mampir ke blogku :)
      Ia nih,.sejak hamil suka mimpi yg aneh2 , jadi sering kepikiran yang negatif2
      Jadi slalu brusaha bawa dalam doa
      Yuppie,mau menikmati pregnancy moment yg ud ditunggu2 slama ini hihiiiy
      Makasi yaaah wishesnya
      Bbu more nov and family (^o^)

      Hapus
  9. Tinaaaa!! Em so happy for U, really!!! pas tau di FB en baca cerita lengkapnya, beneran ikut seneng plus terharu. Usaha en doa ga ada yg sia2 ya Tin en waktu Tuhan emank indah bangetttt!!

    sehat2 ya bumil :) jangan cape2 en makan makanan yg bergizi. Sehat2 juga buat debay *cium en peluk mesrah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii lagi ping ^^
      Iaa ping bersyukur banget akhirnya bisa merasakan kehamilan .. amazing banget y ternyata rasanya...
      God is our guardian
      makaci bumil imut doanya
      Semoga dirimu juga lancar2 sampai duedate yah.. asiknya cicik B dapet titi,lengkap uda sepasang sebentar lagi :)
      Hug hug kiss muachh ^o^

      Hapus
  10. Puji Tuhan...cuma bisa bilang God is good all the time....bersyukur dan terharu membaca cerita ini....thank u God bless u n fam

    BalasHapus
  11. kak..obat herbal forkab itu beli dmn.terimakasih

    BalasHapus